Monday, September 15, 2008

5 Langkah Mudah Download Video dari YouTube

youtube logo videoBanyaknya website video sharing semakin memanjakan para pengguna internet untuk berbagi video dari dan kepada pengguna internet dibelahan dunia manapun. YouTube adalah salah satunya dari sekian banyak website video sharing dan ternyata YouTube-lah website yang paling banyak dikunjungi didunia dari pada website video sharing lain, entah karena dibawah manajemen Google sang perusahaan raksasa internet atau karena alasan lain sehingga pengguna internet lebih banyak berkunjung dan sharing di YouTube. Kita mengenal MojoFlix, Flickr, Liveleak, Break dan masih banyak lagi nama besar website video sharing, tetapi seakan-akan mereka kurang menarik dibanding dengan YouTube. Memang langkah yang diambil dan manajemen yang diterapkan Google selalu mengundang kagum dan takjub banyak orang didunia. Kesederhanaan, kemudahan dan pelayanan itulah yang selalu diterapkan Google untuk semua website yang mereka kelola. Tidak akan habis cerita yang selalu dibuat Google, kita dibuat terperanjat dan terkagum-kagum dengan berbagai langkah Google.

Video yang di share YouTube pada dasarnya hanya untuk dilihat secara online. Tetapi terkadang kita membutuhkannya secara offline untuk koleksi pribadi atau berbagi dengan teman yang tidak mempunyai koneksi internet. Dengan bantuan software sangatlah mudah untuk mengambil video dari YouTube, tetapi begitu banyaknya software yang tersedia di internet kadang membuat kita bingung untuk memilih. Setiap software pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sekarang kita akan mencoba menggunakan software yang paling sederhana untuk mengambil video dari YouTube. Free Video Downloader itulah nama softwarenya. Gratis, sederhana dan portable begitu kita melihat software ini dan itulah yang kadang menjadi pertimbangan para pengguna internet. Tetapi bukan berarti jelek karena dalam berbagai percobaan (dari segi koneksi dan spesifikasi komputer) software ini cukup powerfull dan nyaris tanpa cacat. Mari kita gunakan Free Video Downloader, ikuti langkah-langkahnya sesuai urutan nomor pada gambar :

1. Aktifkan Free Video Downloder tanpa perlu installasi dan klik Download/convert video file… (Langkah 1)
2. Sebuah kotak dialog download/convert video file terbuka
3. Buka browser dan arahkan pada YouTube kemudian cari video yang kita inginkan, akan lebih baik anda punya free account pada YouTube dan Login
4. Setelah video ditemukan tidak perlu dimainkan cukup kita cari link-nya, lebih mudah jika tampilan videonya thumbnails, pada bagian bawah video preview terdapat link. Copy link address video tersebut dengan klik kanan mouse dan pilih copy link addres (Langkah 2)
5. Kembali ke Free Video Downloader, klik Paste text from the Clipboard (Langkah 3)
6. Link addres yang sudah di-copy akan masuk pada kotak URL/File (misal : http://www.youtube.com/watch?v=HSOKwcivz-M)
7. Klik Insert page title, ini kita lakukan untuk memastikan bahwa link sudah benar (Langkah 4)
8. Setelah itu judul video akan keluar pada kotak File name (misal : YouTube - Setup Factory 7 Training Chapter 3 Lesson 1.flv), jika yang keluar YouTube - Broadcast Yourself.flv berarti link address salah, lakukan pencarian ulang link address.
9. Tentukan direktori tempat penyimpanan file hasil download dengan klik Change directory…
10. Klik tombol GET / CONVERT untuk melakukan proses pengambilan (Langkah 5)
11. Kotak dialog Downloading… terbuka, jika proses download sudah mencapai 1% kita bisa melakukan proses download video yang lain (multiple download)
12. Tetapi Free Video Downloader belum dicoba untuk video yang di-sharing untuk private (non public)
13. Untuk software silahkan download pada halaman “Download” dan untuk tutorial silahkan download pada halaman “Tutorial
dipetik dari: http://dehagoblog.wordpress.com

2 comments:

(¯`v´¯)♥nrina♥(¯`v´¯) said...

bestlah dtg sini..byk info..tq sudi kongsi..
nnti bagi byk info lagi tau...

Tirana said...

Cabai burung...terimakasih kerana berkongsi info.. cuma saya nak tanya samada software tu compatible atau tidak dengan iMac. Saya guna iMac..